Selasa, 20 Januari 2009

TASIKMALAYA

KABUPATEN TASIKMALAYA
Daerah Tingkat II Kabupaten Tasikmalaya merupakan jalur transit lalu lintas antara Bandung-Yogyakarta-Ciamis. Jarak dari Jakarta sekitar 380 km. Secara geografis, terletak pada 107o5’-108o20’ Bujur Timur dan 7o3’-7o49’ Lintang Selatan. Kabupaten Tasikmalaya di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Garut, di sebelah utara dengan Kabupaten Sumedang dan Majalengka, di sebelah timur dengan Kabupaten Ciamis dan di sebelah selatan dengan Samudera Indonesia.

OBYEK DAN TARIK WISATA

Kampung Naga Di Daerah Kabupaten Tasikmalaya ini ada suatu daerah yang jarak tempuh dari Bandung sekitar 90 km, bernama Kampung Naga. Masyarakat yang tinggal di daerah ini mempunyai tradisi lama yang tetap dipertahankan. Keunikan kampung ini adalah tentang bangunan rumah yang semua dibuat seragam, mulai dari bahan bangunan sampai pada potongan bangunan rumah dan arah menghadapnya rumah tersebut.
payung
Cindera Mata
Di daerah Kabupaten Tasikmalaya ada daerah yang amat terkenal dalam hal kerajinan anyaman, yakni Rajapolah. Disini banyak dihasilkan tikar, anyaman dari bambu, seperti perabotan rumah tangga dan sebagainya. Industri kecil lainnya yang amat menarik ialah : bordir di Kawalu, Payung Tasik, Kelom Geulis dan Batik Tulis. Lingkungan Industri kecil yang sedang pesat berkembang adalah di Desa Setiamulya. Hasil Industri daerah ini adalah bordir, kelom geulis, sepatu kulit, meubel, anyaman mendong dan topi.

Gunung Galunggung Letusan Gunung Galunggung yang trakhir, yang terjadi pada tanggal 5 April 1982 memberikan keuntungan disatu sisi. Sisa-sisa letusan itu sekarang berubah mejadi obyek wisata yang indah mempesona, dapat melihat danau kawah dan juga terdapat sumber air panas.
Pantai Cipatujah
Pantai dengan keindahan alam laut, berpasir putih. Terletak di Kecamatan Cipatujah, sekitar 74 km dari kota Tasikmalaya. Rekreasi dapat dilakukan dimuara sungai Cipatujah, mempergunakan perahu, memncing, serta bisa berbelanja berbagai macam buah pisang.

Pantai Sindangkerta
sindangkertaKeistimewaan Pantai Sindangkerta, adalah Taman Laut yang disebut Taman Lengsar. Bisa digunakan sebagai tempat berenang. Jika air laut surut, makam di taman laut seluas 20 ha itu, akan dijumpai karang laut, ikan hias, dan suaka alam satwa penyu hijau-yang sudah langka kita temukan.

Pantai Karang Tawulan Jarak dari Tasikmalya 100 km, terletak di Kecamatan Cikalong. Sebuah pantai berkaran dan landai, mamiliki panorama laut yang mempesona. Agak ke timur, terdapat pulau kecil Nusa Manuk. Pada waktu-waktu tertentu, Nusa Manuk dihuni oleh berbagai macam jenis burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kebun raya bogor

kebun raya bogor