Selasa, 20 Januari 2009

Pantai Pangandaran dan Cagar Alam Pananjung merupakan kawasan pantai yang indah dan telah banyak dikunjungi wisatawan. Pada alur pantai ini terdapat pula obyek wisata pantai Batu Karas, Batu Hiu, Karang Nini dan ‘Green Canyon’ yang menawan. Selain wisata bahari, Ciamis memiliki obyek wisata sejarah-budaya yaitu Batu Tulis Kawali, Cagar Alam Panjalu, Situ Lengkong dan Bojong Galuh Karang Kamulyan. Di daerah Ciamis dikenal adanya kerajinan kerang (pada daerah pantai) dan hasil gula aren.

KABUPATEN CIAMIS
Ciamis merupakan Kabupaten Daerah Tingkat II di ujung timur Jawa Barat dan merupakan pintu Gerbang dengan Propinsi Jawa Tengah. Secara Geografis, kabupaten ini terletak pada 108o20’-108o48’ Bujur Timur dan 1o40’-7o50’ Lintang Selatan. Kabupaten ini di sebelah barat dibatasi oleh Kabupaten Tasikmalaya, di sebelah utara oleh Kabupaten Majalengka, di sebelah timur dengan Kabupaten Cilacap dan Banyumas (Jawa Tengah) dan sebelah selatan oleh Samudera Indonesia.

OBYEK DAN TARIK WISATA
Situ Lengkong

Situ ini luasnya sekitar 100 ha, merupakan wisata air. Disini tiap tahun diadakan upacara gobyogan, yakni menangkap ikan bersama. Dan tiap bulan Mulud diadakn upacara membersihkan benda-benda keramat yang selama setahun disimpan di ‘Bumi Alit’.

Cagar Alam Panjalu Berada di tengah Situ Lengkong, yang menarik adalah keindahan dan kesejukan udara serta alamnya.

Bojong Galuh Karang Kamulyan Disini terdapat suaka alam dan budaya yang merupakan tempat rekreasi dan di sini terdapat patilasan peninggalan Prabu Ciung Wanara. 

Pantai Indah Pangandaran 

Pantai ini luas sekali dengan pasir halus yang tidak melekat atau mengotori pakaian, airnya bersih, pantainya landai dan ombaknya tidak berbahaya. Pantai ini berlatar belakang Cagar Alam Pananjung mengintip banteng dan melihat berbagai binatang lainnya. Falsilitas lain adanya pemondokan dari rumah yang termurah sampai yang terbaik dengan tarif menginap yang memadai. Disini dapat pula melihat nelayan menangkap ikan bila musim ikan. Atraksi air yang lainnya selain selancar angin adalah berenang, berlayar, melihat taman laut, memncing dan berjemur. Disamping itu terdapat banyak gua. Daerah wisata lainnya adalah batu hiu yang berjarak 14 km dari pangandaran, sedangkan Pangandaran sendiri berjarak sekita 85 km dari Ciamis, dan dari Bandung ke Ciamis berjarak sekitar 127 km. Di Batu Hiu, wisata alam yang dapat dinikmati adalah pemandangan alam yang dapat dinikmati sambil bersantai bersama keluarga. Disini terdapat pula bukit kecil dimana tumbuh pandan wong dengan subur, dengan hamparan rumput yang menghijau. Disini terdapat kios makanan, penginapan dan kamar-kamar kecil yang memadai. 

Batu Karas Pantai yang masih alami yang dapat digunakan untuk berkemah, memancing dsb. Berjarak 31 km , dari Pangandaran.

Karang Nini
Daerah ini amat menarik disebabkan perpaduan keindahan alam dan kesejukan iklimnya. Pemandangan laut yang indah yang dihiasi batu-batu karang yang berdiri tegar. Berbagai fasilitas kebutuhan tersedia disini seperti : kios makanan, tempat parkir, menara pandang, kamar kecil, serta peristirahatan, dsb.


Green CanyonMerupakan alur sungai yang sangat indah dimana pengunjung dapat menikmatinya sampai ke gua. Cinderamata Cinderamata yang dapat dibeli disini amat beraneka ragam , terutama yang dibuat dari kerang-kerangan serta yang terbuat dari bambu, seperti yang dapat diperoleh di Batu Hiu. Transportasi ke daerah ini amat mudah sebab ditunjang oleh jalan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kebun raya bogor

kebun raya bogor