Selasa, 20 Januari 2009

SUKABUMI


Pantai Karanghawu dan Pelabuhan Ratu dengan mitos Nyi Roro Kidul-nya terletak di Sukabumi selatan, 65 Km. dari Kota Sukabumi. Di wilayah Cibadak-Sukabumi sekarang telah dikembangkan kegiatan wisata air arung jeram Citarik. Selain itu, obyek wisata menarik lainnya adalah pelestarian penyu di Pantai Ujung Genteng, taman rekreasi Selabintana dan Situ Gunung di daerah Cisaat-Sukabumi. Hasil kerajinan daerah Sukabumi antara lain batu aji.



KABUPATEN SUKABUMI
Kabupaten yang berjarak 105 km dari Jakarta dan 95 km dari kota Bandung, terletak di kaki Gunung Gede pada ketinggian 60 meter di atas permukaan laut. Kota yang berhawa sejuk dengan suhu udara sekitar 20-30 derajat celcius ini, dapat ditempuh kendaraan darat dari Jakarta, Bandung maupun Bogor. Makanan khas yang menjadi kebanggaan sukabumi adalah rempang pala (nutmeg sweets).

OBYEK DAN TARIK WISATA


plbhan ratuPantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabulan Ratu merupakan pantai teluk yang memiliki keindahan yang unik, yakni perpaduan antara pantai yang curam, pantai landai, karang terjal, hempasan ombak dan hutan cagar alam. Di lingkungan pantain para wisatawan dapat dengan leluasa menikmati kehangatan tropis seraya menyaksikan ombak yang bergulung-gulung menerpa batu karang.

Pantai Karang Hawu
Pantai Karang Hawu tak begitu jauh dari pantai Pelabuhan Ratu, sekitar 73 km dari kota sukabumi. Karang Hawu merupakan pantai berbatu karang yang menjorok ke laut dan berlubang dibeberapa bagian. Bentuk batu karangnya menyerupai tungku, yang dalam bahasa Sunda disebut “Hawu”. Di belakang garis pantai menyembul bukit-bukit yang rindang oleh pepohonan.



cisolokCipanas Cisolok
Cipanas cisolok terkenal dengan sumber air panas yang memancar ke udara di tengah aliran air sungai, dengan asap yang mengandung belerang membumbung ke udara. Daerah ini banyak dikunjungi masyarakat yang ingin memanfaatkan air yang mengandung belerang untuk berobat.

Citarik
Tempat olah raga arung jeram, ke lokasi arung jeram 22 km, dapat dicapai dari kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi.

ujung gentengUjung Genteng
Tempat rekreasi yang dilengkapi dengan lokasi pelestarian penyu ini, letaknya 72 km dari kota Sukabumi, memiliki pula pemandangan pantai Ciracap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kebun raya bogor

kebun raya bogor