Selasa, 20 Januari 2009

PURWAKARTA

Obyek wisata yang berada di wilayah Purwakarta adalah Waduk Serbaguna Jatiluhur, Wanayasa dan kerajinan keramik Plered. Selain itu Purwakarta pun terkenal akan peuyeum bendul atau makanan simping.


KABUPATEN PURWAKARTA
Kota Purwakarta berjarak 60 km dari kota Bandung atau sekitar 1 ½ jam perjalanan. Sedangkan dari Jakarta berjarak kurang lebih 97 km atau memakan waktu kurang lebih 1 jam melalui jalur tol Jakarta-Cikampek. Sarana angkutan umum dilayani oleh kendaraan bus dan non-bus, seperti kereta api jurusan Jakarta-Bandung. Kabupaten Purwakarta pada umumnya beriklim panas dengan suhu rata-rata 23o-32o C dan curah hujan rata-rata 2.088 mm per tahun.

OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA

Dam Serbaguna Jatiluhur
Terletak di Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta 9 km dari Purwakarta, dari Jakarta 120 km dan dari Bandung 75 km, dapat dicapai oleh berbagai macam kendaraan bermotor dalam waktu 1 ½ jamdari Bandung, dengan rute Bandung-Jatiluhur.

Jatiluhur telah banyak dikenal karena proyek-proyek raksasanya, seperti waduk jatiluhur yang dibangun untuk kepentingan Pembangkit tenaga listrik dan juga dimanfaatkan untuk kepentingan Kepariwisataan.

Sarana yang serba lengkap seperti kolam-kolam renang, lepangan tenis, Yacht, Speedboat, Ski air. Bagi para remaja tersedia Camping Ground. Selain itu para wisatawan dapat pula mengunjungi Stasiun Satelit Bumi untuk kepentingan telekomunikasi di Indonesia.

Jatilihur merupakan sebuah kota kecil di daerah pegunungan dengan jarak hanya kurang lebih 9 km dari Purwakarta, dan dari Jakarta kurang lebih 120 km, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 ½ jam, sedang dari Bandung kurang lebih 75 km. Wanayasa; jarak 23 km dari Purwakarta
Di sini terdapat satu mata air (di Kampung Ciracas) yang menurut keterangan mempunyai daya penyembuhan karena mengandung berbagai mineral. Tempat ini dapat dicapai dari 3jurusan yaitu dari Purwakarta 24 km, dari Sagaleharang 15 km dan dari Sawit dekat Darangdan kurang lebih 18 km.

Kerajinan Keramik Plered
Terletak 18 km dari kota Purwakarta. Plered terkenal karena keramiknya, baik tradisional maupun yang bersifat modern, terbuat dari tanah liat. Desain untuk keramik, beraneka macam.
Peuyeum Bendul, merupakan oleh-oleh yang khas dari Kabupaten Purwakarta.
Kesenian Kesenian yang terkenal dari Kabupaten Purwakarta adalah Reog, Jaipongan dan Seni Klasik serta seni modern lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kebun raya bogor

kebun raya bogor